Email Hosting

Mahasiswa UMM Memberikan Pengetahuan Kepada Masyarakat, Melalui Edukasi Seputar New Normal


MMO | www.matamedia.online Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu Abdi Malik Rahardjo dan Ersalita Rahmadhani Pratiwi yang tergabung dalam Kelompok 31 PMM - UMM Gelombang 3 di Desa Keboan Anom RT.01 RW.01, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo ini telah berjalan selama 3 minggu, tepatnya pada tanggal 21 Agustus 2020 lalu, dalam momen tersebut salah satu kegiatannya yaitu memberikan penyuluhan seputar new normal serta membagikan masker kain dan handsanitizer kepada warga.

Koordinator kelompok 31 PMM Abdi Malik Rahardjo menerangkan bahwa penyuluhan yang dilakukan pada minggu ini mengusung tema new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Dimana, ketetapan new normal yang berlaku di Indonesia saat ini perlu diketahui lebih dalam oleh setiap warga, diantaranya bagaimana adaptasi kebiasaan baru di pasar, adaptasi kebiasaan baru saat berolahraga, dll.


Menurut salah satu warga RT 01 RW 01 yaitu mbak Wanti, mengatakan “Dengan adanya penyuluhan secara door-to-door ini dapat memberikan pengetahuan mengenai adaptasi kebiasaan baru di pasar. Sehingga, kami para ibu-ibu yang setiap harinya ke pasar dapat lebih mengerti bagaimana yang seharusnya dilakukan di era new normal ini.” ujarnya, Jumat (21/08/20).

“Dalam kegiatan PMM ini, kami akan melakukan sosialisasi setiap minggunya dan akan membagikan masker kain serta handsanitizer kepada warga secara door-to-door untuk mennambah pengetahuan warga mengenai topik topik yang kami angkat seputar COVID-19 ini.” tambah Abdi.

Sekitar 10-15 masker kain dan handsanitizer akan dibagikan kepada warga Desa Keboan Anom RT.01 RW.01, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo secara door-to-door sampai akhir bulan Agustus. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa mampu menggandeng masyarakat untuk bersama-sama mampu melalui masa-masa pandemi sekarang ini.

“Alhamdulillah warga Desa Keboan Anom RT.01 RW.01 ini menerima kami dengan sangat senang dan penuh semangat terhadap penyuluhan yang kami berikan secara door-to-door ini. Warga sangat antusias dan juga memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar COVID-19 yang belum diketahui. Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan warga seputar COVID-19 dan mampu menerapkan protocol kesehatan yang sekarang ini berlaku” ujar Ersalita selaku anggota.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler yang terkendala akibat pandemi saat ini, namun tidak mematahkan ide dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) kampus UMM untuk tetap memiliki terobosan guna mahasiswa tetap mampu bermanfaat bagi masyarakat yaitu melalui program PMM ini.

Seluruh kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini diawasi dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Mohamad Irkham Mamungkas, ST., MT.
Koresponden: Abdi Malik Rahardjo

Subscribe to receive free email updates: