Email Hosting

Bantu Perangi Covid-19 Mahasiswa Farmasi UMM Lakukan Edukasi, Membagikan Masker dan Handsanitizer ke Pedagang Pasar


MMO | www.matamedia.online (13/08/2020) Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 46 Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa melakukan kegiatan sosial dengan membagikan Masker dan Handsanitizer kepada pedagang pasar. Kegitan tersebut dilakukan di Pasar Cilik, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Jawa Timur. Dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, seperti mencuci tangan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan diri dan lingkugan serta senantiasa memakai APD seperti masker dan membawa handsanitzer.

Pemilihan Pasar Cilik sebagai tempat Bhakti Sosial juga bukan tanpa alasan. Alasan membagikan masker di Pasar Cilik tersebut karena mahasiswa sadar bahwa persebaran Virus Covid-19 dapat terjadi dengan sangat cepat di tempat yang ramai dan banyak terjadi kontak fisik, seperti di Pasar. Jumlah masker yang dibagikan dalam kegiatan ini mencapai 300 buah dan Handsanitzer sejumlah 100 buah. Kegiatan tersebut mendapat respon dan tanggapan yang baik dari para pedagang Pasar Cilik. Ketua Paguyuban Pasar Cilik, Ibu Aminah menuturkan bahwa para pedagang sangat terbantu dengan Bhakti Sosial yang dilakukan mahasiswa. ‘’Saya senang sekali dengan inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa. Kami merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini. Kami merasa jauh lebih tenang dalam melakukan aktivitas jual beli di pasar dengan menggunakan masker dan handsanitizer yang dibagikan oleh mahasiswa. Terimakasih banyak mas-mas mahasiswa’’, tutur Ibu Aminah.


Virus Covid-19 dapat menyebar dengan sangat cepat melalui droplet, sehingga dengan menggunakan masker diharap persebaran virus tersebut dapat lebih ditekan. Transaksi jual beli di pasar juga masih menggunakan uang. Mengingat bahwa uang adalah benda yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui kontak tangan, maka besar kemungkinan juga jika Virus Covid-19 juga dapat ditularkan melalui media tersebut. Dengan pembagian Handsanitizer kepada pedagang diharapkan dapat menurunkan resiko terjadinya penularan Virus Covid-19. Pembagian masker dan handsanitizer tidak hanya dilakukan di Pasar Cilik, namun juga di tempat di sekitar Pasar Cilik yang juga ramai seperti Mushola, Masjid dan Lapangan Olahraga di Desa Pesanggrahan. Koordinator dalam kegiatan ini, Arif berharap dengan dilakukannya kegiatan ini, persebaran Virus Covid-19 dapat lebih ditekan kembali. Arif juga berharap pedagang di pasar dapat lebih meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap Virus Covid-19 serta dapat lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
Koresponden: Jenengan

Subscribe to receive free email updates: