Email Hosting

Mahasiswa UMM Bersama Dengan Kelompok Wanita Tani Larasati Mengikuti Lomba Kelompok Wanita Tani (KWT) Tingkat Kabupaten Malang


MMO | www.matamedia.online Anggota kelompok 85 gelombang 09 kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau yang biasa disebut dengan kegiatan PMM Univeristas Muhammadiyah Malang membantu kelompok wanita tani larasati di desa Palaan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang mempersiapkan untuk lomba tingkat Kabupaten Malang.

Sudah jauh hari Mahasiswa UMM bersama anggota KWT Larasati mempersiapkan untuk lomba diantaranya membuat rak tanaman, proses pembibitan hingga memindah tanaman ke dalam pot-pot kecil maupun polybag.

Sayur yang ditanam cukup beragam diantaranya adalah andewi hijau, andewi ungu, sawi pagoda, terong, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, seledri, pakcoy, kangkong, daun bawang, buah bit, brokoli, kubis, sawi asin, dan sawi putih. Tidak hanya menanam di dalam pot, warga sekitar juga menjadikan lahan kosong di samping rumah warga untuk ditanami berbagai macam sayuran, seperti sayur sawi, kacang-kacangan dan tanaman singkong.

Sedangakan pada rak tanaman ini sendiri terdiri dari tanaman sayuran. Rak berbentuk segitiga pada bagian atas diisi dengan tanaman sayuran yang ditanam di dalam pot yaitu dibagi menjadi satu jenis tanaman sayuran, tengah diisi dua tanaman sayuran, dan dibagian bawah diisi tiga tanaman sayuran.

Pada bagian dalam atas diisi satu tanaman sayuran berukuran sedang dan pada dalam bawah diisi satu tanaman sayuran yang sudah cukup besar. Rak ini akan di bagikan dihalaman rumah warga setempat selain rak dihalaman rumah warga juga di bagikan tanaman sayuran yang di susun rapi. Kemudian untuk sepanjang jalan dibagian tepi kanan dan kiri halaman rumah warga di susun secara rapi berbagai tanaman hias seperti bunga-bunga maupun tanaman furing.

Lomba diadakan pada hari Selasa, 29 September 2020. Anggota KWT Larasati menyambut kedatangan Dinas Pertanian Kabupaten Malang yang selaku juri dalam lomba ini. Disambut dengan menyanyikan lagu mars KWT Larasati. Dinas Pertanian menilai dengan melihat bibit tanaman sayuran yang terdapat di green house serta melihat halaman rumah warga setempat. [red.Aulia]

Subscribe to receive free email updates: