Email Hosting

Menteri Pertanian RI, Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSI Memberikan Penghargaan (award) Anugerah Peremajaan Sawit Indonesia kepada ISKARMONO


 


 


  - Jakarta -  Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menorehkan Prestasi di tingkat Nasional. 


Kali ini Menteri Pertanian RI, Dr Syahrul Yasin Limpo SH MSI memberikan penghargaan (award) Anugerah Peremajaan Sawit Indonesia di Hotel Pullman Jakarta Central Park, belum lama ini.


Penghargaan diterima Gubernur Sumsel, H Herman Deru diwakili Ir Agus Darwa MSi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel untuk kategori Pelopor Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).  juga  turut Dihadiri oleh Ir. Dedy Widiastono,M.M, Kordinator PSR Kabupaten Musi Banyuasin  bersama

 Iskarmono, Ketua Umum KPKS   Sukamakmur Kabupaten Musi Banyuasin,Provinsi Sumatera Selatan.






 Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) berhasil meraih penghargaan pada acara Anugerah Peremajaan Sawit Indonesia dengan kriteria Pelopor Program PSR. 


Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Agus Darwa mengatakan dengan berlangsungnya program PSR ini memiliki dampak yang cukup positif bagi para petani sawit. 


Petani dinilai lebih terlembaga serta adanya pelaksanaan usaha sawit yang sifatnya berkelanjutan. Tidak hanya itu, Agus juga menilai PSR telah membawa peningkatan pada produktivitas para petani sawit itu sendiri. 





“Dengan PSR, petani bisa lebih tahu bagaimana budidaya sawit yang benar serta bisa menjadikan tumpang sari pada lahan perkebunan,” jelas Agus, dikutip Senin (27/2/2023). 


Agus menjelaskan, saat ini fokus program PSR di sentra produksi kelapa sawit Sumsel, terletak di beberapa daerah diantaranya Kabupaten Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Lahat, Mura, Prabumulih, Ogan Komering Ulu dan Muratara. 


Menurutnya , saat ini total rekomendasi teknis (Rekomtek) di wilayah Sumsel sendiri sebanyak 58.507 hektare yang terdiri dari Chipping 42.851 hektare dan tanaman sebanyak 41.402,8 hektare.




 Sementara itu Iskarmono, Ketua Umum KPKS  Sukamakmur Kabupaten Musi Banyuasin, yang telah berhasil meraih Penghargaan pada acara Anugerah Peremajaan Sawit Indonesia  kepada awak media mengatakan,  bahwa kami. Bersyukur sekali pada hari ini pada Rakornas Dan Talk Show Menjaga  Resiliensi Perkebunan Indonesia 2023 Akselerasi Peremajaan Sawit Rakyat yang  digelar Kementrian Pertanian, KUD kami. KPKS Sukamakmur memperoleh penghargaan  dari Menteri Pertanian,ucapnya bangga.





 Menurutnya, Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah kabupaten Musi Banyuasin  khususnya Dinas Pertanian dan Perkebunan mengawal PSR ini.


"Sehingga apa yang kami dapatkan selama ini bisa membuahkan hasil bisa dinikmati kemakmurannya oleh anggota KPKS. Penghargaan ini baru pertama kali kami raih dari  Kementerian Pertanian," jelasnya.





" Harapan kami dengan Penghargaan ini Pemerintah Pusat dalam Hal ini Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan RI bisa terus mengawal PSR sampai dengan Siklus ketigakalinya. Namanya program. PSR. Ini  harus. Dapat dukungan pemerintah pusat dalam hal sarana dan prasarana," harapnya (red)


Subscribe to receive free email updates: